WHAT'S NEW?

Meningkatkan Produktifitas Saat Koding dengan Musik


Mendengarkan musik saat koding kadang membuat kita lebih santai. Dari yang saya alami, musik memang bisa memanipulasi rasa di hati. Ketika mendengar lagu sedih, kita kadang merasa sedih dan ketika mendengar lagu yang fun, perasaan dari hati juga ikut bahagia. Namun ada juga beberapa oknum programmer orang yang memang gak berperasaan, dengar lagu apapun perasaannya tidak berubah.

Dalam kasus dalam koding, memang selera mendengarkan musik orang berbeda-beda. Apalagi setelah memantau thread pada quora berikut https://www.quora.com/What-are-some-good-pieces-of-music-to-listen-to-while-coding. Ada yang suka diiringi dengan lagu jazz, electronic, punk, techno, pop dan juga instrumental. Namun saya yakin, semua pilihan lagu mereka semua bertujuan agar membuat relax saat koding.

Baca juga: Chrome Music Lab, Eksperimen Google dengan Web Audio API

Perlu digaris bawahi oleh teman-teman semua, pemilihan lagu yang salah dapat berakibat fatal, dapat menyebabkan bug yang serius. Oleh karena itu pilihlah lagu yang tepat, lagu yang bisa membuat relax, fokus, dan produktif. Berawal dari email dari Versioning saya mendapatkan satu referensi “Music For Programming”. Ternyata ada segelintir orang yang mengumpulkan referensi dan menggodok musik yang konon katanya dapat meningkatkan produktifitas dan meningkatkan konsentrasi saat koding. Musik-musik tersebut dapat teman-teman dengarkan disini http://musicforprogramming.net.

Setelah saya menarik nafas dalam dalam dan mulai memainkan salah satu musik, ternyata efeknya lumayan terasa (saya memainkan lagu ini http://musicforprogramming.net/?twenty). Benar! 5 menit kemudian saya merasa lebih fokus dan tertidur. Saya sarankan dengarkan dengan headset agar mengurangi distraksi akibat suara lingkungan sekitar.

Ada 40 episode musik yang ada pada http://musicforprogramming.net  . Masing-masing episode terdiri dari beberapa lagu.
musicforprogramming

musicforprogramming

Tidak ada effort dan learning curve yang sulit dalam mempelajari tools ini. Interface website nya cukup simple dan friendly. Jika teman-teman ingin mencoba play music, cukup tekan tombol navigasi pada sidebar sebelah kanan seperti ini

playmusicforprogramming
playmusicforprogramming

Kalau saya telaah, musik-musik pada http://musicforprogramming.net ini mirip dengan musik-musik pada aplikasi I-Doser (Narkoba Digital) yang sempat heboh di media masa pada tahun lalu.

Tertarik untuk mencoba? atau ada rekomendasi musik yang bagus saat koding, ayo share di kolom komentar.

sumber : codepolitan.com

0 komentar:

Posting Komentar