WHAT'S NEW?

Node JS : Pengenalan dan Instalasi

Node.js adalah platform perangkat lunak pada sisi-server dan aplikasi jaringan. Ditulis dengan bahasa javascript dan bisa dijalankan pada Windows, Mac OS X dan Linux tanpa perubahan kode program. Node.js memiliki pustaka server HTTP sendiri sehingga memungkinkan untuk menjalankan webserver tanpa menggunakan program webserver seperti Apache atau Lighttpd.

Pada masa ini, Javascript telah menjadi primadona bagi kalangan developer website. Javascript yang pada masa awal-awal munculnya bahasa pemrograman untuk website hanya digunakan untuk keperluan manipulasi interaksi disisi user atau penulis menyebutnya user side / client side, sekarang telah berevolusi dengan pilihan banyak warna dan lebih canggih. Bahkan hingga sekarang muncul banyak pustaka (library) Javascript populer semacam Jquery, Angular, React, Express dan masih banyak lagi.

Menanggapi perkembangan Javascript, sekarang ini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa komunitas dan development bahasa pemrograman yang muncul pertama kali pada tahun 1995 ini masih sangat aktif dan wajib kita telaah lebih dalam. Berbicara mengenai development, Javascript sekarang telah berevolusi menjadi salah satu server side programming yang cukup powerful semenjak munculnya NodeJS.
INSTALASI NODE JS:
LANGKAH 1 : DOWNLOAD NODE JS

Bagi pengguna Windows, NodeJS Installer tersedia pada situs resmi NodeJS, yakni dialamathttps://nodejs.org/download/. Pilih Windows Installer dan jangan lupa untuk menyesuaikan kondisi versi Windows pembaca, apakah sistem dengan 32 bit atau 64 bit ?

LANGKAH 2 : MEMASANG NODE JS
Langkah-Langkah yang perlu diketahui :
Lakukan instalasi step by step seperti biasa.
Sesampai pada bagian Custom Setup, pembaca perlu berhenti sejenak dan memahami bahwa Installer NodeJS akan melakukan pengesetan otomatis Path NPM / Node pada environment variable Windows.
Klik Next dan tunggu hingga instalasi usai.

LANGKAH 3 : CEK INSTALASI NODE JS
Untuk melakukan verifikasi apakah NodeJS / NPM telah terpasang dengan sempurna di Windows, pembaca hanya cukup membuka CMD (Command Line) Windows dan mengetikkan perintah npm  kemudian Enter, seperti gambar berikut :

Jika hasil command seperti tampilan diatas, maka instalasi NodeJS sudah berhasil.

LANGKAH 4 : MENCOBA SERVIS NODE JS
Perlu pembaca ketahui bahwa selain berupa Framework, NodeJS juga memiliki web server sendiri yang terpasang otomatis setelah instalasi NodeJS berhasil. Pembaca tidak perlu melakukan instalasi web server semacam XAMPP ataupun AppServ untuk melakukan uji coba ini.

  • Buat folder baru di dalam folder Documents user dengan nama NodeTest atau apapun
  • Buka editor kesukaan pembaca dan tulis kode berikut :

 var http = require('http');http.createServer(function (req, res) {  res.writeHead(200, {'Content-Type': 'text/html'});  res.end('Hello John\n');}).listen(9001, '127.0.0.1');console.log('Server running at http://127.0.0.1:9001/');
  • Simpan di dalam folder yang tadi telah pembaca buat dengan nama index.js atau terserah pembaca (dengan catatan harus berekstensi .js).
  • Buka CMD dan masuklah ke folder yang telah pembaca buat melalui Command CMD (Asumsikan bahwa default folder saat CMD dibuka pertama kali adalah C:\User\[Computer Name]\) :
  • Setelah berhasil masuk ke dalam foder NodeTest kemudian ketik perintah berikut :

node index.js
  • Buka browser dan masuklah ke alamat http://127.0.0.1:9001 atau http://localhost:9001, berikut adalah hasil tampilannya :
  • Jika seperti demikian, maka pembaca telah berhasil melakukan instalasi NodeJS secara sempurna di sistem operasi Windows

Sekian dulu tutorial tentang pengenalan Node JS, Selamat Mencoba! :)


0 komentar:

Posting Komentar